Rabu, 18 September 2013

Sri Mulyani, Direktur Pelaksana Bank Dunia


Sri Mulyani, Direktur Pelaksana Bank Dunia Gadis

Kalau selama ini kita cuma sering mendengar nama pahlawan-pahlawan wanita tempo dulu, sekarang saatnya ‘mengintip’ kehidupan salah satu wanita berprestasi gemilang yang kini menjabat sebagai Managing Director of the World Bank Group, Sri Mulyani.

Terlahir dengan nama Sri Mulyani Indrawati pada tanggal 26 Agustus 1962, sosok yang lebih terkenal dengan nama Sri Mulyani menghabiskan masa kecilnya di Lampung. Sri Mulyani kecil terbiasa hidup sederhana dengan kesembilan saudaranya. Setiap pagi, ia naik sepeda menuju sekolah. Di sekolah ia aktif di berbagai kegiatan ekstrakulikuler seperti menari, basket dan voli.

Sejak kecil, putri pasangan Prof. Satmoko (alm.) dan Prof. Dr. Retno Sriningsih Satmoko (alm.) ini memang sudah menunjukkan kecerdasannya di bidang akademik. Kepintarannya membuat ia berhasil menamatkan sekolah secara gratis. Saat kuliah di jurusan Ekonomi Universitas Indonesia Jakarta, Sri Mulyani pun berhasil mendapatkan beasiswa. Bahkan ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di University of lllinois Urbana Champaign USA.

Sebagai anak yang lahir dari keluarga pendidik, Sri Mulyani awalnya bercita-cita sebagai dosen. Ia sempat menjadi Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI). Namun ternyata karirnya di bidang ekonomi lebih bersinar. Sebelum berkarir di World Bank, ia pernah menjadi Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia (2004-2005), Menteri Kooordinator Perekonomian Indonesia (2008-2009) dan Menteri Keuangan (2005-2010).

Berbagai kiprahnya di bidang ekonomi rupanya memberi banyak perubahan dan diperhatikan oleh banyak pihak di seluruh dunia. Sehingga pada tahun 2012 lalu ia masuk dalam The 100 Top Global Thinkers 2012 versi majalah Foreign Policy dan The Most 100 Powerful Woman 2012 versi majalah Forbes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar