Rabu, 18 September 2013

Penjara-Penjara Terunik di Dunia


Penjara-Penjara Terunik di Dunia Gadis

Mendengar kata “penjara”, pasti langsung membayangkan ruangan gelap sempit yang memilki teralis besi. Itu gambaran yang didapat dari film yang kita tonton. Ternyata, nggak semua penjara seperti itu, lho. Bahkan, ada yang bentuknya modern dan tidak suram.

Penjara Justizzentrum Loeben di Austria 
Justizzentrum atau Justice Centre dibangun oleh Joseph Honhensinn pada November 2004. Melihat bangunan ini pertama kali, pasti nggak akan menyangka itu adalah sebuah penjara. Kompleks futuristik penuh dengan kaca tembus pandang hampir di seluruh bagiannya. Nggak hanya penjara yang ada di sini, terdapat juga bangunan pengadilan. Mayoritas penghuni tempat ini adalah narapidana yang melakukan tindak pidana pencurian. Bangunan ini hanya bisa menampung 205 tahanan.

Penjara Cebu di Filipina

Ini dia satu-satunya penjara yang penghuninya gemar menari. Tempat ini mulai terkenal ketika tersebarnya video YouTube sekitar 1500 tahanan menari massal dengan lagu Thriller (Michael Jackson) tahun 2007 lalu. Para napi berseragam orange ini bergaya ala zombie. Ternyata, tarian ini merupakan salah satu program yang digagas Kepala Penjara, Byrron F Garcia. Untuk menghilangkan kejenuhan para tahanan, dibuatlah program latihan menari. Hasilnya, para narapidana sering diundang untuk menampilkan tariannya di depan publik dan wisatawan. Bahkan, kaos tahanan dijual sebagai souvenir.

Penjara Aranjuez di Spanyol
Untuk mengurangi kesan suram dan menyeramkan dalam penjara, Penjara Aranjuez membuat ruangan khusus. Bangunan ini memiliki ruangan keluarga untuk para penjenguk. Ruangan ini didesain seperti ruang bermain anak-anak yang dihiasi lukisan animasi  tokoh-tokoh Disney dan juga taman. Tujuannya agar anak-anak para tahanan tidak mendapatkan kesan orangtua mereka sedang dipenjara. Ada 36 sel tahanan yang bersih dan menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar