Rabu, 18 September 2013

Biyan, Desainer Kebanggaan Indonesia


Sudah hampir tiga dekade, Biyan Wanaatmadja berkiprah di industri fashion tanah air. Couture eksklusif berlabel BIYAN, rancangan Studio 133 yang elegan serta koleksi (X)S.M.L yang muda dan unik, hadir berkat tangan dinginnya. Melalui karyanya, Biyan juga membawa nama Indonesia ke dunia.


Awalnya, pria kelahiran Surabaya, 20 Oktober 1954 nggak berencana menjadi seorang desainer. Biyan sempat mengambil kuliah arsitektur di Jerman. Namun, kemudian ia menemukan passion di bidang mode, sehingga memutuskan untuk berubah haluan. Biyan pun mantap memilih karir sebagai desainer setelah lulus dari Müller & Sohn Privat Mode Schule  di Jerman dan London College of Fashion di Inggris.

Biyan sempat tinggal selama 15 tahun di Eropa, sembari mengeksplor bakat dan wawasan fashion-nya.  Pria yang mengagumi karya desainer Jepang Issey Miyake dan  Yoji Yamamoto tersebut, memutuskan kembali ke Indonesia di tahun 1984 dan memulai usaha sebagai fashion desainer. Secara konsisten, ia menghasilkan karya berkualitas tinggi, inovatif dan memberikan warna tersendiri bagi dunia mode tanah air. Salah satu ciri khas rancangannya adalah kekayaan detil dan warna. 

Karyanya digemari segala usia. Banyak seleb dan sosialita yang menjadi pelanggan setianya. Sementara, fashion show Biyan selalu ditunggu-tunggu fashionista tanah air. Desainer ini juga sangat produktif. Kini, ia memimpin 250 workshop di Indonesia. Selain itu, karya penerima penghargaan Infinite Merit Award 2012  juga tersebar di Singapura, Taipei, Jepang, Malaysia, Thailand, Qatar, Hongkong serta Amerika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar