Minggu, 22 September 2013

Fakta Dibalik Patung Liberty




Gadis Ngobrol

Patung kebanggaan Amerika Serikat ini memang sangat terkenal. Beberapa fakta seputar Patung Liberty yang terletak di kota New York ini juga menarik!

Patung Liberty sebagai simbol kebanggaan Kota New York, ternyata bukan dibuat di New York, lho. Patung  ini didesain oleh pemahat asal Prancis bernama Frederic-Auguste Bartholdi. Patung Dewi Kemerdekaan tersebut dipersembahkan oleh rakyat Perancis kepada rakyat Amerika sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan Amerika yang ke 100.

Patung yang pertama kali dibangun pada tahun 1874 ini menggambarkan seorang wanita sedang membebaskan diri dari belenggu, dengan obor menyala di tangan kanannya yang melambangkan kebebasan dan di tangan kirinya memegang sebuah buku bertulisan July 4, 1776 (hari kemerdekaan Amerika) dalam huruf romawi. Tujuh titik pada mahkotanya menggambarkan tujuh samudra dan benua.

Patung yang memiliki nama asli Liberty Enlightening the World memiliki tinggi 46 meter dan berat 204 ton. Bagian luar patung dibuat dari plat tembaga dan bagian dalamnya dibuat dari kerangka baja yang dirancang oleh Gustave Eiffel (desainer menara Eiffel di Paris, Perancis)
Setelah selesai dibuat dan dipamerkan di Perancis, Patung Liberty dibawa ke New York dengan membongkarnya menjadi kurang lebih 200 muatan besar dan disusun lagi di Bedloe’s Island (sekarang bernama Pulau Liberty), New York. Karena terlalu lama prosesnya, Patung Liberty baru bisa diresmikan 10 tahun setelah HUT Amerika yang ke 100, yaitu pada 28 Oktober 1886 oleh Presiden Amerika, Grover Cleveland. Pada tahun 1984 patung Liberty masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar