Rabu, 18 September 2013

Pasir Hisap


Pasir Hisap Gadis

Pernah ngebayangin nggak, apa yang terjadi saat kita sedang menjelajah hutan dan bertemu pasir hisap (quicksand) yang misterius, lalu terperangkap di dalamnya, dan terhisap pelan-pelan? Selama ini mungkin kita cuma sempat melihat fenomena pasir hisap yang ‘memakan’ korbannya hidup-hidup di film aja. Tapi pasir hisap ini ada di kehidupan nyata, lho. 
Menurut para ahli geologi, pasir hisap yang sebenarnya nggak akan membuat orang lain menghilang atau tenggelam. Pasir ini hanya tidak dapat menahan berat yang terlalu besar sehingga kita akan terperosok di dalamnya.  Tapi, banyak cerita mengenai pasir hisap yang memang bisa “memakan” orang atau hewan yang melewatinya.

Beberapa abad silam, tepatnya pada tahun 1692, pernah ada pasir hidup yang terbentuk dari larutan tanah akibat gempa, di pelabuhan Jamaika. Ngerinya, pasir hisap itu nggak hanya menyebabkan 2000 nyawa melayang, tapi juga menghilangkan sepertiga bagian kota.. Beberapa tempat lainnya yang kelihatan tenang ternyata juga mengandung pasir hisap dengan kekuatan yang bisa memerangkap manusia ke dalamnya. Danau di selatan Inggris atau di Fyord, sebuah teluk sempit di Alaska, ternyata sangat berbahaya karena ‘menyimpan’ pasir hisap di dalamnya dan pernah ‘menangkap’ manusia.

Pasir hisap atau pasir hidup ini akan membuat siapapun yang terperangkap menjadi sulit bergerak. Karena pasir-pasir itu membentuk tekanan yang sangat besar pada tubuh. Kabarnya butuh kekuatan yang sama dengan kekuatan mengangkat sebuah mobil untuk bisa mengeluarkan satu kaki orang yang terperangkap pasir hisap. Itupun nggak bisa langsung ditarik begitu saja. Karena kalau korban ditarik dengan paksa, sebelum pasir hisap ‘melonggarkan’ perangkapnya, bisa-bisa tubuh korban justru akan terputus. Uh, mengerikan, ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar