Rabu, 18 September 2013

Chitwan Elephant Festival


Chitwan Elephant Festival Gadis

Ternyata, kontes kecantikan bukan cuma buat manusia saja, tapi juga binatang. Contohnya, gajah-gajah di Taman Nasional Chitwan, Nepal ini. Eits, ini bukan kontes sembarangan, lho. Karena, kontes ini bertujuan memberikan penghargaan terhadap mamalia terbesar yang statusnya hampir punah ini. Nggak heran dong, jika kontes ini diliput oleh media besar seperti BBC, Chinese TV,  Indian TV dan lain-lain.

Setiap bulan Desember, selalu diadakan Chitwan Elephant Festival, yaitu gajah-gajah dari sejumlah negara berparade dan melakukan berbagai atraksi. Yup, mereka bisa balapan sampai main bola, walaupun tetap ditunggangi oleh pelatihnya. Dalam kompetisi tingkat internasional ini, gajah-gajah yang ikut serta memang diwajibkan untuk dilatih secara khusus sebelum periode festival berlangsung.

Selain elephant race, highlight dalam acara ini tentunya adalah pemilihan gajah tercantik.  Nah, semua gajah yang jadi kontestan mesti didandani dengan baju tradisional dari negara masing-masing. Setelah ‘cakep’, baru deh, mereka diajak berputar sambil dinilai oleh dewan juri. Biasanya, semua gajah bakal didandani maksimal. Bukan cuma pakai kain atau aksesoris saja, tapi juga di makeup! Hahaha. Pemenangnya bakal dibawa berkeliling area kebun binatang, plus dikasih medali juga. Seru, ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar