Minggu, 22 September 2013

Anjing-Anjing K-9




Gadis Aksi

Tidak hanya polisi yang berjaga di pintu masuk bandara atau hotel. Kadang, mereka juga ditemani oleh anjing polisi. Jangan takut dulu melihat mereka. Hewan kaki empat ini bekerja membantu penyelidikan dan penjagaan polisi, lho. Anjing besar ini disebut K-9. Kita kenalan, yuk. 
Nama K-9 berasal dari kata canine yang berarti anjing. Kata tersebut bila dilafalkan sama dengan K-9. Anjing-anjing ini dilatih khusus oleh aparat keamanan sehingga punya banyak kemampuan. Misalnya, bisa melacak bau bahan peledak, mencari orang hilang dan menyelamatkan korban bencana. Ada beberapa jenis anjing yang sering dilatih sebagai K-9. Ini dipilih berdasarkan tingkat kecerdasannya.

German Sheperd (Herder)
Anjing pengembala Jerman ini punya banyak keunggulan. Anggota K-9 yang satu ini terkenal akan kecepatan larinya dan tenaganya untuk menyerang. Dia juga punya kemampuan sosial yang tinggi terhadap manusia. Sifatnya pun lebih tenang dibanding anjing jenis lain. Lebih mudah untuk dilatih.

Golden Retriever
Anjing peliharaan favorit ini ternyata juga bisa menjadi hewan pembantu polisi. Keunggulannya terletak pada indera penciumannya. Golden Retriever jago melacak bau narkoba, mencari orang dan menuntun investigasi. Sifatnya yang sabar dan bersahabat membuatnya mudah untuk diajak bekerjasama.  Binatang ini juga bisa berenang, lho.

Pitbull
Ini dia canine yang paling berani. Sudah pasti pencuri takut dengan serangan anjing ini. Ras keturunan Bulldog dan Terrier tersebut dulunya dikenal sebagai anjing petarung. Hewan ini bisa menjadi sangat ganas saat menghadapi lawannya. Namun, sifatnya bisa berubah 180 derajat, lho. Anjing jenis ini bisa bersikap stabil, ramah dan ceria terhadap manusia. Biasanya, pitbull digunakan untuk melacak pelaku kriminal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar